Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Selamat Datang di blog sugrahaku, tutorial kali ini adalah lanjutan dari tutorial sebelumnya tentang Cara Membuat CRUD Codeigniter : Menampilkan Data, dimana pada tutorial kali ini kita akan membahas tentang bagaimana cara mudah input data codeigniter dengan modal bootstrap. Mungkin ada yang belum tahu apa dan bagaimana menggunakan modal bootstrap. Jadi apabila kita menggunakan modal bootstrap kita tidak perlu membuat halaman baru untuk input data, cukup tambahkan sedikit script pada halaman yang sama, pada saat dijalankan maka akan muncul popup yang menampilkan form input data. Untuk lebih jelasnya mari dipahami saja tulisan saya kali ini.

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Persiapan Input Data Codeigniter

Seperti tutorial sebelumnya, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum melanjutkan pembahasan tentang Cara Mudah Input Data Codeigniter denganModal Bootstrap. Karena ini adalah pembahasan lanjutan dari tutorial sebelumnya, maka teman-teman bisa melihat langsung pembahasan sebelumnya tentang Cara Membuat CRUD Codeigniter : Menampilkan Data. Jadi, teman-teman tidak bingung kenapa hasilnya bisa seperti demikian, karena yang terpenting adalah project sebelumnya itu adalah hal terpenting. Kalau ingin project pembuatan CRUD pada akhir pembahasan tentang CRUD codeigniter akan saya berikan link download untuk semuanya, tetapi jika ingin sepotong-sepotong saja, bisa langsung tuliskan di komentar maka saya akan kirim datanya melalui email.

Tutorial Input Data Codeigniter dengan Menggunakan Bootstrap

Controller

Melanjutkan dari tulisan kemarin, sekarang teman-teman buka folder login yang sudah kita buat sebelumnya, kemudian masuk ke bagian controller admin, xampp\htdoc\login\application\controllers\Admin.php. Sekarang kita tambahkan fungsi tambah() dibawah fungsi index() berikut adalah script dari fungsi tambah().

Akan saya jelaskan sedikit, jadi script diatas adalah fungsi yang digunakan untuk input data dari pengguna, fungsi tersebut dinamakan fungsi tambah. Perhatikan script berikut

script ini sering disebut dengan array, dimana masukan atau input dari pengguna yang menggunakan metode post sepert ini

itu dimasukkan ke dalam array dengan nama elemennya nama. Kemudian seluruh input dari user akan disimpan dalam array dengan nama $data. Setelah itu variabel $data akan dilempar ke model_admin() untuk disimpan ke dalam database menggunakan script berikut ini.

Lalu fungsi berikut ini berfungsi untuk menampilkan pemberitahuan bahwa data telah masuk ke dalam database dan akan redirect ke halaman admin kembali.

Jika kita tambahkan ke controller Admin.php atau ditambahkan dari tutorial kemarin maka akan menjadi seperti berikut ini.

Model

Selanjutnya adalah membuat fungsi tambah data di model_admin(), berikut adalah fungsi untuk menambahkan data ke database di model. Sekarang buka Model_admin.php yang berada di applications/model dan tambahkan fungsi berikut ini.

Sangat pendek bukan? ya memang demikian, fungsinya hanya mengambil data dari controller yang didapat dari parameter $data, kemudian dimasukkan ke dalam database ‘orang‘ menggunakan script ini.

Maka setelah selesai digabungkan akan menjadi seperti berikut ini.

View

Kemudian yang terakhir yang sedikit panjang adalah di bagian view yaitu membuat tampilannya. Sekarang silahkan buka view_admin.php yang berada di application/view. Kemudian ubah isi filenya menjadi seperti berikut ini.

Penjelasan

Apa saja sih yang baru di tambahkan? yang pertama yang harus dilakukan adalah mengubah tombol Tambah, dari

Menjadi seperti berikut ini

Hal itu dilakukan untuk memanggil modal bootstrap dengan nama tambah-data. Kemudian menambahkan fungsi notifikasi, jadi ketika ada penambahan atau perubahan data, akan muncul notifikasi yang menandai perubahan atau penambahan data, menggunakan script berikut ini.

Setelah itu menambahkan modal bootstrap dengan script berikut ini

Dengan menggunakan script diatas maka ketika kita menekan tombol Tambah maka akan muncul popup form dari modal bootstrap, setelah pengguna memasukkan data, data tersebut akan di lempar menuju controller dan simpan ke database menggunakan fungsi di model_admin. Maka tampilannya setelah dijalankan akan menjadi seperti berikut ini.

Demo

Tekan tombol tambah.

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Isi data kemudian tekan tombol simpan

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Maka hasilnya akan menjadi seperti berikut ini.

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap

Kesimpulan

Inilah tutorial tentang bagaimana Cara Mudah Input Data Codeigniter dengan Modal Bootstrap, sangat mudah bukan? Mungkin ada beberapa hal yang teman-teman tidak bisa mengerti atau pahami langsung bisa ditanyakan di kolom komentar, nanti akan saya jawab. Mungkin ini saja yang dapat saya sampaikan, saya mohon maaf jika ada  kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun. Sekian dan terima kasih.

Baca Juga :

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: