Cara Super Mudah Konversi Angka ke Rupiah dengan PHP

Assalamualaikum Wr. Wb.
Bertemu lagi dengan saya selaku admin di Sugrahaku, setelah sekian lama saya belum menulis kembali. Baiklah pada kesempatan yang indah ini saya akan membagikan hal baru dari sugrahaku, yaitu tentang PHP. Biasanya saya selalu membahas tentang java, sekarang saya mencoba untuk membahas tentang PHP. Pembahasan kali ini yaitu tentang "Cara Super Mudah Konversi Angka ke Rupiah dengan PHP". Baiklah langsung saja, selamat menikmati.






Pernahkah sahabat sekalian kesulitan menghitung banyak uang jika tidak dipisahkan dengan titik atau koma? seperti misalnya 10000000 rupiah, sulit bukan? Bagaimana jika kita tuliskan menjadi Rp 10.000.000? Jadi mudah membacanya kan? Akan tetapi akan menjadi kesulitan jika kita harus membuat satu persatu angkanya. Nah kabar baiknya, di PHP terdapat fungsi yang dinamakan number_format(), lalu apa itu number_format?


Apa Itu number_format() pada PHP?

number_format adalah sebuah fungsi pada PHP yang digunakan untuk mengubah angka menjadi nominal tertentu. Syarat yang harus dipenuhi dalam menggunakan fungsi ini adalah karakter yang ingin diubah menjadi nominal harus berupa angka atau bertipe data integer.

Bagaimana Menggunakan number_format() ?

Untuk menggunakan number_format pada php itu sangatlah mudah. Berikut adalah sytax beserta dengan sedikit penjelasannya.

 number_format(angka, jumlah_desimal, pemisah_desimal, pemisah_ribuan) 

atau untuk lebih jelasnya lihat contoh berikut ini,
Contoh I :

$nilai=500000;
echo 'Rp '.number_format($nilai, 0, ',', '.');

Dari syntax diatas maka akan menghasilkan keluaran atau output :

Rp 500.000

Contoh II :

$nilai=500000;
echo 'Rp '.number_format($nilai, 2, ',', '.');

Dari syntax diatas maka akan menghasilkan keluaran atau output :

Rp 500.000,00

Contoh III :

$nilai=500000;
echo 'Rp '.number_format($nilai, 0, ',', '.').',-';

Dari syntax diatas maka akan menghasilkan keluaran atau output :

Rp 500.000,-

Begitulah cara membuatnya, sangat mudah bukan?
Mungkin hanya itu yang dapat saya sampaikan tentang "Cara Super Mudah Konversi Angka ke Rupiah dengan PHP", semoga apa yang sudah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk teman-teman sekalian. Saya mohon maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun.
Terima Kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

Belum ada Komentar untuk "Cara Super Mudah Konversi Angka ke Rupiah dengan PHP"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel