Belajar Java : Cara Mudah Memahami Array Java

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang indah ini saya akan membahas tentang bahasa pemrograman, sudah lama sekali sejak terakhir kali saya membahas tentang bahasa java, tulisan saya ini adalah janji beberapa bulan yang lalu, mungkin satu tahun yang lalu untuk membahas tentang dasar-dasar bahasa pemrograman java. judul pada pembahasan kali ini yaitu “Belajar Java : Cara Mudah Memahami Array Java“. Baiklah langsung saja pada pembahasan, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk membaca tulisan saya sebelumnya, yaitu tentang Motivasi : Apa sih Manfaat Persahabatan ? . 😀

Apa sih Array pada Bahasa Java ?

Belajar Java : Cara Mudah Memahami Array Java

Array adalah data-data yang mempunyai tipe data yang sama, panjang yang sama, mempuyai suatu urutan yang terkumpul dalam suatu elemen atau variabel. Array pada java digunakan untuk menyimpan value atau nilai dalam suatu variabel atau elemen. Indeks adalah angka yang digunakan untuk menyatakan sebuah elemen pada suatu variabel pada array java, dimana untuk memanggil value atau nilai dalam array yang harus kita lakukan adalah memanggil indeks-nya. Perlu sahabat sugrahaku ketahui bahwasanya indeks pada array java dimulai dari 0 sampai batas array yang digunakan.

Array pada java umumnya dibedakan menjadi 2 bagian, yaitu :
  1. Array 1 Dimensi
  2. Array Multidimensi

Lalu apa yang membedakan diantara ketiganya?

1. Array 1 Dimensi

Array 1 dimensi adalah sama seperti pengertian diatas yang saya jelaskan diawal tulisan saya tadi, dimana array-nya hanya menyimpan satu baris nilai. Untuk lebih jelasnya berikut adalah pendeklarasian array 1 dimensi.

atau

Untuk contohnya :

2. Array Multidimensi

Array multiimensi adalah sebuah array yang memiliki jumlah array lebih dari 1. Array multidimensi biasanya digunakan untuk membuat suatu matriks atau tabel, dimana pada array multidimensi terdapat nilai yang dibagi menjadi nilai baris dan nilai kolom, dan lain sebagainya. Yang membedakan antara array 1 dimensi dan array multidimensi adalah banyaknya array di dalam array-nya. Untuk lebih jelasnya mari kita lihat bagaimana pendeklarasian array pada java. Berikut adalah pendeklarasian array 2 dimensi pada java.

Untuk contohnya :

contoh diatas adalah pendeklarasian untuk array 2 dimensi. Jadi, bagaimana untuk array multi dimensi, untuk membuat array multi dimensi sangatlah mudah hanya tinggal menambahkan jumlah tanda kurung saat deklarasi array-nya. Berikut adalah contoh dari array multidimensi.

Baca juga : 1 Cara Sederhana Memahami Variabel Bahasa Java

Bagaimana? apakah sahabat sugrahaku sudah memahami tentang array pada bahasa pemrograman java? Sangat mudah bukan?

Mungkin hanya sekian yang dapat saya sampaikan tentang “Belajar Java : Cara Mudah Memahami Array Java“. Saya mohon maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun.

Semoga bermanfaat, salam sukses.

Ramanda Sugraha 🙂

Owner

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: