2 Cara Mudah Menghitung Durasi Eksekusi Program Java

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Haalo sahabat sugrahaku, lama tidak berjumpa. Mohon maaf karena kesibukan di dunia nyata saya selaku owner di Sugrahaku.com jarang sekali mengupdate post. tetapi alhamdulillah untuk komentar di blog kita, saya selalu berusaha menjawabnya. Baiklah, pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan memberikan sebuah trik lama untuk menghitung durasi yang dibutuhkan untuk menjalankan atau eksekusi source code pada java. Dengan itu, pada postingan saya pada kali ini saya berikan judul “2 Cara Mudah Menghitung Durasi Eksekusi Program Java“. Semoga dapat dengan mudah dimengerti dan diimplementasikan. Sebelum kita masuk ke pokok pembahasan ada baiknya kalau sahabat sugrahaku sedikit mengintip postingan yang sudah saya buat sebelumnya.
2 Cara Mudah Menghitung Durasi Eksekusi Program Java

Apa Fungsi dari Menghitung Durasi Eksekusi Program Java?

Tidak bisa dipungkiri lagi, jika dalam membuat program java dalam project yang cukup besar, membuat sebuah tugas yang diberikan, kita diharuskan menghitung berapa waktu yang dibutuhkan untuk 1 kali melakukan eksekusi program. Hal tersebut berguna untuk menghitung keefektifan  waktu akan program yang kita buat. Jika program yang kita buat sangat lama untuk dijalankan berarti kita harus melakukan sesuatu agar program yang kita buat menjadi lebih cepat dalam eksekusinya.

Bagaimana Cara Menghitung Durasi Eksekusi Program Java?

Untuk Menghitung durasi eksekusi program java, maka saya akan membaginya menjadi 2, yaitu dalam milidetik dan nanodetik. Apa bedanya? Kalau ditanya apa bedanya sudah pasti berbeda. Tingkat ketelitian jika menggunakan nano detik itu lebih tinggi dibandingkan menggunakan milidetik, akan tetapi saya lebih suka menggunakan milidetik karena lebih familiar.
Bagaimana? Sangat mudah bukan? Bagi yang tidak ingin menulisnya satu-satu bisa mendownload filenya disini :

Saya rasa cukup sekian yang dapat saya sampaikan tentang “2 Cara Mudah Menghitung Durasi Eksekusi Program Java“. Saya mohon maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun.

Terima Kasih, Salam Sukses
Ramanda Sugraha
Owner

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: