Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan

Assalamu'alaikum Wr. Wb.
Hai sahabat sugrahaku, apa kabar? pastinya baik bukan. Pada kesempatan yang indah kali ini saya akan membahas tentang "Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan". Masih banyak bukan yang belum tahu cara menghitung jumlah karakter tulisan? untuk itulah pada kesempatan kali saya membahas tentang hal ini. Tetapi, Sebelum membahas tentang hal tersebut ada baiknya sahabat sugrahaku membaca artikel saya yang lainnya yang tidak kalah pentingnya. Silahkan dilihat.

Menghitung jumlah karakter pada tulisan biasanya kita temui pada saat mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru maupun dosen, atau suatu acara lomba seperti lomba artikel, cerpen, dan yang lainnya yang terdapat persyaratan yang diharuskan untuk memenuhi minimal karakter ataupun tulisan. Bayangkan jika harus menghitung satu per satu, kalau hanya beberapa kalimat, mungkin masih bisa dihitung dengan manual. Bagaimana dengan menghitung tulisan yang sudah mencapai lebih dari 3 lembar tulisan, itu membutuhkan waktu yang lama dan ada kemungkinan besar terjadi kesalahan dalam menghitung. Untuk itu mari kita lihat bagaimana caranya agar lebih mudah menghitung jumlah karakter tulisan.

Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan

Apa yang Dibutuhkan untuk Menghitung Jumlah Karakter?

Untuk menghitung jumlah karakter dalam tulisan itu syarat yang dibutuhkan sangatlah mudah. Penasaran apa yang dibutuhkan? ini dia.
  1. Tulisan yang akan dihitung jumlah karakternya
  2. Microsoft Word (Saya menggunakan Office 2013)
  3. Kemampuan untuk memahami

Syaratnya Sangat mudah bukan? untuk menghitung jumlah karakter pada tulisan disini tidak perlu harus menunggu lama, cukup dengan sekali klik dan sekejap mata jumlah karakter yang ada sudah selesai dihitung. Lalu, bagaimana caranya? untuk itu mari kita lihat.

Bagaimana Cara Menghitung Jumlah Karakter pada Tulisan?

Cara untuk mengitungnya pun sangat mudah, sama halnya dengan syarat yang dibutuhkan. Sudah penasaran bagaimana caranya? Mari kita lihat.

Pertama, bukalah aplikasi microsoft word yang sahabat gunakan minimal 2007, karena dibawah versi tersebut tampilannya akan berbeda. Untuk saat ini saya menggunakan versi 2013. Semoga tampilannya juga tidak jauh beda dengan apa yang sahabat sugrahaku gunakan. Setelah membuka aplikasi microsoft office, maka tampilannya akan seperti berikut ini.

Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan


Kedua, bukalah atau tulisalah tulisan yang akan dihitung jumlah karakternya. Saya menggunakan sebuah tulisan dengan jumlah halamannya yaitu 111. Bayangkan kalau harus dihitung satu per satu. Contohnya bisa dilihat pada gambar dibawah ini.

Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan


Ketiga, setelah tulisan sudah ada, sahabat sugrahaku klik pada ribbon Review lalu klik Word Count.

Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan



Terakhir, Dan Jreeeeeng~ jumlah karakter menggunakan spasi ataupun tidak, sudah lengkap dinyatakan dengan jumlahnya. Tampilannya seperti berikut ini.

Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan


Note :
Pages : jumlah halaman
Words : jumlah kata
Characters (no spaces) : jumlah karakter tanpa spasi
Characters (with spaces) : jumlah karakter dengan spasi
Pharagraphs : jumlah paragraf
Lines : jumlah baris

Bagaimana, sangat mudah bukan? hanya dengan sekali klik semua data statistik tentang jumlah karakter tulisan langsung terhitung. Jadi, kita tidak perlu susah-susah lagi harus menghitung satu per satu karakter yang ada.

Baiklah saya rasa cukup sekian yang bisa saya sampaikan tentang "Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan". Semoga apa yang saya sampaikan dapat sangat bermanfaat untuk sahabat sugrahaku. Jika ada kesalahan saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun.
Terima kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

Belum ada Komentar untuk "Cara Super Mudah Menghitung Jumlah Karakter Tulisan"

Posting Komentar

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel