8 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Ada saatnya seseorang akan mengalami penurunan motivasi dalam melakukan sesuatu bahkan dalam menjalani hidup ini. Bukan hanya sahabat sugrahaku, saya secara pribadi, bahkan orang dewasa, anak-anak maupun remaja pasti pernah mengalami yang namanya penurunan motivasi. Tidak ada yang tidak pernah mengalami menurunnya motivasi.

Sangat banyak faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami penurunan motivasi, contohnya saja lingkungan yang kurang mendukung, tekanan dari sana-sini, pekerjaan yang tidak sesuai dengan bakat yang dimiliki, tidak memiliki tujuan yang tepat, dan banyak hal-hal lainnya yang dapat menyebabkan penurunan motivasi seseorang.

8 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi

Oleh karena itu pada kesempatan kali ini saya telah mengumpulkan informasi yang sudah saya rangkum dalam Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi yang bisa menghilangkan kegalauan teman-teman dan meningkatkan motivasi teman-teman. Tetapi ada baiknya sebelum saya memberi tahukan apa saja tipsnya, teman-teman bisa membaca postingan saya sebelumnya yang membahas tentang :

  1. Vizzy.us Safety URL Monetize
  2. Cara Melihat Link yang Sudah Diproteksi Vizzy.us

Semoga postingan saya sebelumnya bisa bermanfaat bagi teman-teman. Baiklah inilah 8 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi, selamat menikmati.

1. Buatlah Seseorang Tertawa

Tertawa adalah sebuah simbol kebahagiaan, tidak ada sesuatu yang lebih baik ketika kita mengetahui bahwa kita adalah alasan yang membuat seseorang merasa bahagia. Coba teman-teman bayangkan, ketika anda membuat teman anda tertawa, apa yang teman-teman rasakan? Ikut bahagia bukan? Dan bayangkan lagi ketika teman-teman membuat seseorang bersedih. Apa yang teman-teman rasakan? Ikut sedih bukan? Selalu berfikir bagaimana cara untuk minta maaf.

Dari sana kita dapat mengambil kesimpulan, bahwa ketika kita membuat atau melihat orang lain tertawa bahagia maka ada yang energi yang membuat kita ikut merasakan kebahagian tersebut. Coba bayangkan perbedaan ketika kita bekerja dalam keadaan bahagia dan ketika kita bekerja dalam keadaan sedih. Pekerjaan akan lebih cepat selesai dan lebih bagus hasilnya dibandingkan ketika kita melakukan pekerjaan dalam keadaan sedih.

2. Minumlah Kopi atau Teh

Seperti yang sudah dilansirkan pada wikipedia bahwa 55% sampai 78% tubuh manusia terdiri dari air. Dan pada saat kita bekerja kita memerlukan banyak air. Bayangkanlah ketika tubuh kita kekurangan air, tubuh dan pikiran kita akan mengalami stress dan ketika hal itu terjadi kita akan mengalami penurunan motivasi pula. Oleh karena itu, jika teman-teman merasa haus saat bekerja, minumlah kopi atau teh untuk dapat mencegah stress, jangan ditahan-tahan.

3. Temukan Tujuan dalam Bekerja

Tujuan adalah hal yang sangat penting dalam bekerja. Kalau di ibaratkan tujuan adalah tiang dalam pekerjaan. Ketika tidak ada yang namanya tujuan pekerjaan, maka pekerjaan yang dilakukan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal bahkan pekerjaan yang dilakukan akan rusak. Bayangkan ketika kita mempunyai tujuan dalam bekerja. Misalnya saja seorang ayah bekerja untuk mendapatkan uang dan memberikan makan anak dan istrinya. Seorang ayah akan bersungguh-sungguh dalam bekerja, karena ketika seorang ayah tidak bekerja maka, anak dan istrinya akan terlantar. Dan bayangkan juga ketika teman-teman tidak memiliki tujuan dalam bekerja, yang ada di dalam pikiran teman-teman adalah “buat apa capek-capek kerja, hanya menghabiskan waktu saja“. Itu adalah hal yang ada di dalam pikiran teman-teman ketika teman-teman tidak mempunyai pekerjaan

4. Bayangkan Sebuah Hasil yang Positif

Pernahkah teman-teman berfikir bahwa Motivasi teman-teman kurang karena teman-teman tidak pernah membayangkan hasil yang teman-teman dapatkan dari kerja keras teman-teman. Atau mungkin karena teman-teman ketakutan melihat hasil buruk yang mungkin teman-teman dapatkan. Mengapa harus membayangkan hasil yang positif? Hal ini berkaitan dengan rasa percaya diri. Ketika teman-teman membayangkan hasil yang positif dari apa yang teman-teman kerjakan, maka rasa percaya diri teman-teman akan melejit naik dan pekerjaan teman-teman akan baik pula hasilnya. Sebaliknya, ketika teman-teman berfikir negatif tentang hasilnya, makan hasil yang akan teman-teman dapatkan juga negatif. Oleh karena itu, pikiran positif sangat berpengaruh dalam meningkatkan Motivasi.

5. Jangan Pernah Menunda Pekerjaan

Jangan pernah teman-teman menunda pekerjaan teman-teman. Lakukanlah pekerjaan itu walaupun teman-teman dalam keadaan sangat malas, teman-teman harus melakukannya. Teman-teman harus berhenti membiarkan kebiasaan buruk menghalang-halangi untuk mencapai tujuan teman-teman. Maka dari itu jangan pernah menunda-nunda pekerjaan atau teman-teman akan kehabisan waktu dan menyesal nantinya.

6. Bersihkan Ruang Kerja

Sebuah ruang kerja yang bersih akan membantu membersihkan pikiran kita. Ketika ruangan kerja kita kotor akan sangat sulit untuk fokus melakukan pekerjaan. Oleh karena itu, cobalah bersihkan ruang kerja teman-teman. Singkirkan kertas-kertas tidak berguna, membersihkan debu-debu yang menempel, dan kalau bisa letakkan bunga atau foto yang dapat membuat pikiran teman-teman tenang dan tentang. Ketika semua sudah bersih dan nyaman, hal tersebut akan membantu teman-teman dalam melakukan pekerjaan dan dalam mengambil keputusan terbaik.

7. Buatlah Daftar Sederhana yang Harus Dilakukan

Banyak dari kita yang mencoba membuat daftar yang mustahil untuk dilakukan saat ini, membuat daftar yang tidak bisa dicapai hanya akan membuat diri kita tertekan dan tidak produktif. Pada kenyataanya adalah banyak hal yang bisa kita lakukan tetapi kita sering lupa. Seperti yang ibu guru dulu ajarkan saat saya masih di bangku sekolah dasar bahwa harus menyelesaikan hal-hal yang mudah terlebih dahulu.

Maka dari itu cobalah buat daftar sederhana dan mudah yang teman-teman sudah tahu pasti bisa menyelesaikannya.

8. Berikan Penghargaan untuk Diri Sendiri

Ketika teman-teman berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, sebaiknya teman-teman tidak langsung bergegas untuk melakukan tugas selanjutnya, berikanlah sedikit waktu untuk diri teman-teman untuk beristirahat agar merasa lebih baik. Melanjutkan pekerjaan dengan tergesa-gesa hanya akan membuat teman-teman lelah dan dapat menurunkan bahkan teman-teman bisa kehilangan motivasi yang sangat berharga.

Belajarlah untuk berterima kasih pada diri sendiri. Berikanlah penghargaan pada diri sendiri atas semua kerja keras yang sudah teman-teman lakukan. Banyak hal yang bisa teman-teman lakukan untuk menyampaikan rasa terima kasih kepada diri sendiri, misalnya saja seperti saya sendiri, setiap saya berhasil melakukan pekerjaan dengan baik, maka saya akan bermain game yang saya sukai, hal itu selain dapat memberikan kepuasan kepada diri sendiri juga bisa mengistirahatkan tubuh. Tetapi tetap harus ingat waktu ketika bermain game, jangan sampai lebih banyak bermain dari pada bekerja. Dan masih banyak contoh yang dapat teman-teman lakukan untuk memberikan penghargaan kepada diri teman-teman.

Bagaimana, menarik bukan? sangat banyak hal yang dapat dilakukan untuk meningkatkan motivasi kita, tetapi untuk kesempatan kali ini saya hanya akan membagikan 8 saja.

Baiklah, saya rasa cukup sekian pembahasan tentang “8 Tips Sederhana Untuk Meningkatkan Motivasi” yang dapat saya sampaikan. Saya mohon maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun. Semoga apa yang telah saya sampaikan dapat bermanfaat untuk sahabat sugrahaku.
Terima kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: