Belajar Java : Type Casting

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Hallo sahabat sugrahaku, sudah lama saya tidak menulis di blog karena ada sedikit urusan di dunia nyata. Karena saya sudah lama tidak menulis, maka dari itu saya akan menulis tentang bahasa pemrograman java yaitu tentang “Type Casting” atau bisa disebut dengan pengarah tipe data. Kalau tidak salah pada kesempatan sebelumnya saya menulis tentang :
  1. Vizzy.us Safety URL Monetize
  2. Tutorial Java : Cara Menggunakan BlueJ

Menurut saya itu artikel yang bermanfaat, jadi jangan lupa dilihat dan dibaca ya. 

Apa Itu Type Casting?

Secara sederhananya Type Casting adalah metode atau cara yang digunakan untuk mengubah tipe data pada variabel. Adakalanya dalam pembuatan program diperlukan langkah untuk mengubah suatu tipe data menjadi tipe data yang lainnya. Nah, proses yang digunakan untuk mengubah suatu tipe data ke tipe data yang lain itulah yang disebut dengan istilah Type Casting atau pengarah tipe. Bentuk dari type casting atau pengarah type adalah sebagai berikut :
(tipe-data)data

Sebagai contohnya, terdapat pendeklarasian sebagai berikut :
int i = 70;
char huruf

Supaya nilai i bisa disimpan ke variabel huruf, maka nilai i perlu diubah menjadi tipe char dengan cara sebagai berikut :

huruf = (char) i;

Agar tidak ada nilai yang hilang, tipe tujuan harus memiliki ukuran yang lebih besar atau minimal sama dengan ukuran tipe sumber. Dibawah ini memperlihatkan casting tipe atau pengarah tipe yang dapat dilakukan dengan tanpa menghilangkan nilai.

Belajar Java : Type Casting

Contoh Program :

Belajar Java : Type Casting

Output Program :
Maka setelah mengkompilasi program sebelumnya, kemudan menjalankannya, maka output programnya yaitu :

Belajar Java : Type Casting

Baiklah, itulah sedikit pembahasan tentang “Belajar Java : Type Casting” yang dapat saya sampaikan. Apabila ada yang ingin Sahabat Sugrahaku tanyakan dapat ditanyakan pada kolom komentar. Bila ada kesalahan saya mohon maaf kepada Tuhan saya mohon ampun.
Terima Kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

You may also like...

2 Responses

  1. bentuknya gmn y gan? saya agak kurang paham maksudnya?

  2. Harri says:

    mantab, saya coba buat pakai for sampai Z, tapi A nya kagak keliatan karna keterbatasan output dari Bluej ya ?

Leave a Reply

%d bloggers like this: