Belajar Java : Literal

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Halo sahabat sugrahaku, apa kabar? Baik bukan? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas kembali bahasa pemrograman yaitu bahasa Java, khususnya tentang “Literal“. Mengapa saya membahas tentang Literal? Hal itu dikarenakan masih banyaknya orang-orang yang belum mengetahui tentang Literal, padahal Literal itu termasuk sesuatu yang penting. Jangan lupa untuk membaca tulisan saya sebelumnya tentang :

  1. Vizzy.us Safety URL Monetize
  2. Belajar Java : Type Casting
Belajar Java : Literal

Apa Itu Literal pada Java?

Apakah teman-teman sudah tau apa itu Literal pada java? Literal adalah suatu nilai yang dituliskan pada source code java. Atau bisa di bilang Literal adalah suatu huruf, angka, rangkaian huruf, rangkaian angka, rangkaian huruf dan angka, atau rangkaian angka dan huruf yang menyatakan suatu nilai. Misalnya, teman-teman menuliskan angka 10 atau menuliskan “Saya Ganteng”, angka 10 disana menyatakan nilai bulat 10 sedangkan “Saya Ganteng” yaitu untuk menyatakan suatu deretan karakter (string). Literal berbeda dengan variabel. Variabel sebelumnya sudah saya jelaskan pada “1 Cara Sederhana Memahami Variabel Bahasa Java” yaitu Variabel adalah sebuah tempat penyimpanan dalam bahasa java dimana didalam variabel terdapat suatu nilai sedangkan literal sudah saya beritahu sebelumnya.
Literal pada Java Terbagi menjadi :
  1. Literal Bilangan
  2. Literal Karaker
  3. Literal Boolean
  4. Literal String

Literal Bilangan

Literal bilangan terdiri menjadi 2, yaitu literal bilangan bulat dan literal floating point. Langsung saja kita bahas satu persatu.

Literal Bilangan Bulat
Literal bilangan bulat tergolong menjadi long. Sombol yang digunakan yaitu L atau huruf l dapat ditambahkan dibelakang bilangan. Contoh :

Suatu bilangan bulat bisanya dinyatakan dalam bentuk oktal (Bilangan berbasis 8) atau heksadesimal (Bilangan berbasis 16). Jika suatu literal bilangan bulat diawali dengan angka 0 (nol) maka bilangan akan diperlakukan sebagai bilangan oktal (bilangan berbasis 8), sedangkan kalau diawali dengan bilangan 0x (nol dan huruf X) akan dianggap sebagai bilangan heksadesimal (bilangan berbasis 16).

Note :
Pada Oktal :
Angka yang digunakan berupa 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, dan 7.
Pada Heksadesumal :
Selain angka 0 – 9, terdapat huruf a – f atau A -F

Contoh :

Belajar Java : Literal

Contoh Program :

Belajar Java : Literal

Output :

Belajar Java : Literal

Literal Floating Point
Literal Floating Point digunakan untuk menyatakan bilangan real. Notasi yang digunakan :

x.y

Tanda titik menyatakan tanda pecahan. Contoh :

Belajar Java : Literal

Literal bertipe double secara eksplisit juga dapat ditulis dengan akhiran D maupun d.
Contohnya 0.1D

Pada Literal floating point, simbol e biasa digunakan untuk menyatakan eksponensial.
Contohnya :

Belajar Java : Literal

Literal Karakter

Literal Karakter digunakan untuk menyatakan sebuah karakter. Karakter ditulis dalam tanda petik tunggal. Contoh

‘a’
‘@’
’10’

Pada java terdapat istilah kode escape. Kode Escape adalah kode karakter yang penulisannya diawali dengan simbol . Berikut tabel yang menunjukkan kode escape :

Belajar Java : Literal

Contohnya :

Belajar Java : Literal

Literal Boolean

Literal boolean adalah literal yang hanya dapat berupa kata kunci true atau false.
True berarti Benar.
False Berarti Salah.

Literal String

Seperti yang sudah saya jelaskan pada “1 Cara Mudah Belajar Mengenal tipe data Java“, bahwa String bukanlah tipe data, String adalah deretan atau kombinasi sejumlah karakter. Literal String berupa sederetan karakter yang ditulis dalam tanda petik ganda(“). Contohnya :
“Sugrahaku”
“Belajar Bahasa Java 2”
“2 + 1 = 3”
“” (biasa disebut degan string kosong)

Suatu string tidak selamanya mengandung banyak karakter. Suatu string juga tidak bisa memiliki karakter satu pun, sebagaimana ditunjukkan pada contoh diatas. String seperti ini disebut dengan string kosong. Penulisannya berupa tanda petik ganda dan kemudian langsung diikuti dengan petik ganda (tidak ada spasi antar kedua tanda petik ganda tersebut).
Literal string dapat  pula mengandung karakter seperti newline, tab, dan sebagainya. Bahkan bisa pula mengandung tanda petik ganda. Contoh :

Belajar Java : Literal

Saya Mohon maaf jika ada kesalahan, kepada Allah saya mohon ampun.
Terima Kasih, salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

You may also like...

Leave a Reply

%d bloggers like this: