Tutorial Java : Pola Piramida dengan Input

Assalamu’alaikum Wr. Wb 

Halo sahabat Sugrahaku, apa kabar? Baik bukan. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tutorial belajar bahasa pemrograman java, yaitu tentang “Cara Membuat Pola Piramida pada Java“. Yang kesepian bisa membaca ini, “Apakah Kamu Diam-Diam Kesepian?“Pembahasan kali ini yaitu membuat sebuah piramida yang menggunakan bahasa pemrograman java yaitu piramida disusun oleh bintang-bintang yang bertumpukan sehingga menghasilkan pola yang berbentuk piramida.

Pola segitiga di dapat dari perulangan, saat ini saya menggunakan perulangan for untuk membuat pola yang berbentuk piramida. Agar lebih bersifat bebas untuk berekspresi saya membuat program ini dengan input atau masukan yang dilakukan oleh user sendiri, misalnya jika kita memasukkan angka 5, maka program ini akan mengeluarkan hasil pola piramida sebanyak 5 baris.
Tutorial Java : Pola Piramida dengan Input

Baiklah langsung saja ini source code dan hasil Outputnya. Atau download disini biar lebih gampang.
Code :
Tutorial Java : Pola Piramida dengan Input

Output :

Tutorial Java : Pola Piramida dengan Input


Bagaimana bisa menjadi Pola piramida?

Penasaran bagaiaman bisa menjadi pola seperti diatas? jadi, mari perhatikan berikut ini.
Pertama-tama kita memasukkan angka yang akan di jadikan jumlah baris dalam pola piramidanya. Lalu untuk perulangannya :
  • for (int i=1; i<=masukan; i++)

digunakan untuk melakukan perulangan yang menghasilkan baris dari piramida tersebut dimana perulangan dimulai dari sampai masukan yang telah di masukkan sebelumnya.

  • for (int j=i; j<=masukan; j++) 

digunakan untuk melakukan perulangan yang menghasilkan spasi antar bintang (*), agar piramida yang dihasilkan terlihat pas atau sempurna.

  • for (int k=0; k<=(i*2)-2; k++)

digunakan untuk melakukan perulangan yang menghasilkan (*) dalam pembuatan pola piramida.


Penjelasan :

Kita mempunyai beberapa variabel yang mempunyai tipe data integer yang digunakan yaitu : i, j, k. Misalkan masukan yang kita ketik sebelumnya yaitu 3, maka :

  • ketika j = 1 dan j kurang dari masukan yaitu 3, maka akan membentuk 3 spasi. Ketika k = 0 maka akan terbentuk 1 bintang (*).
  • ketika j = 2 dan j kurang dari 2, maka akan membentuk 4 spasi. Ketika k = 0 dan k =2, maka akan terbentuk 3 bintang (*).
  • ketika j = 3 maka akan membentuk 1 spasi. Ketika k = 0 dan k =4, maka akan terbentuk 5 bintang (*).

Bagaimana sudah mengerti? jika masih belum bisa di tanyakan di kolom komentar di bawah. Baiklah,cukup sekian pembahasan tentang tutorial belajar java kali ini. Jika ada kesalahan saya mohon maaf kepada Allah saya mohon ampun.
Terima kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

You may also like...

2 Responses

  1. iya gan, selamt berjuang 😀

  2. Abdul Khaliq says:

    keren gan, izin coba 😀

Leave a Reply

%d bloggers like this: