Apakah Kamu Diam-diam Kesepian?

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hallo Sahabat Sugrahaku, apa kabar? Baik bukan. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sedikit motivasi agar teman-teman yang merasa kesepian tidak kembali merasakannya lagi. sebelumnya saya sudah membahas tentang “Carilah Motivasi Anda Sesungguhnya!” semoga artikel sebelumnya bermanfaat untuk Sahabat Sugrahaku. Baiklah langsung saja, “Apakah Kamu Diam-diam Kesepian?

Apakah Kamu Diam-diam Kesepian?

Apa itu Kesepian?

Sebelum saya membahas tentang Kesepian, ada baiknya kita mengenal apa itu Kesepian. jadi, Kesepian adalah suatu keadaan emosi yang tidak bahagia yang diakibatkan oleh hasrat akan hubungan akrab tetapi tidak mendapatkanya. Hanya orang yang mengharapkan teman tetapi tidak mendapatkannyalah yang merasa kesepian, tetapi lain halnya dengan seseorang yang memang tidak mengharapakan seorang teman.
Jika teman-teman menemukan kesepian yang mendalam, percayalah teman-teman tidaklah sendirian. Banyak orang mengatakan, kesepian adalah suatu pengalaman yang dapat melumpuhkan, beracun malu, dan self-criticism. Rata-rata orang lebih suka untuk menyembunyikan perasaan kesepiannya daripada mengakui bahwa ia menderita perasaan terisolasi, hampa, cemas, dan gelisah. Namun, ketika seseorang membuat sebuah dinding yang membatasi antara perasaan yang menyakitkan itu, perasaan itu tidak pergi, tetapi perasaan itu akan semakin terkubur dan menyakitkan. Seiring dengan berjalannya waktu, perasaan tersebut akan terwujud dalam gejala penyakit yang berdampak pada fisik orang tersebut. Sangat berbahaya bukan, maka dari itu saya akan memberikan sedikit tips dan motivasi untuk sahabat sugrahaku.

Berteman dengan Orang yang tidak Kesepian

Penyembuhan rasa kesepian membutuhkan sesuatu yang lebih dari sekedar mencari sebuah pekerjaan. Mungkin teman-teman pernah mengalami, teman-teman bisa merasakan kesepian di tengah keramaian, di sekumpulan teman-teman, bahkan ketika bersama keluarga. Pusat dari kesepian bukanlah karena tidak adanya orang lain, tetapi dari batin atau perasaan yang tidak memiliki perasaan bahwa Teman-teman tidaklah sendirian.

Perasaan selalu merasa ada yang kurang. Semakin teman-teman mencoba untuk membela perasaan bahwa teman-teman kesepian, maka teman-teman akan semakin merasa gelisah dan ketakutan. Kesepian hanyalah satu gejala. Ketika perasaan itu menguat, sangat mudah teman-teman tersesat dalam ego pikiran teman teman. Sadarilah bahwa teman-teman tidak sendiri, sadarilah bahwa ada seseorang yang selalu mencintai kita. Berjuanglah, keluarlah dari rasa sakit dan kesepian, temukan sahabat yang akan bisa untuk menemai ketika merasa sepi, saling berbagi dan saling menolong. Bahwa semua itu ada asal teman-teman membuka mata lebar-lebar dan tataplah dunia dengan segenap keindahan yang ada.

Berlatih Menyembuhkan Rasa Kesepian

Langkah awal untuk menyembuhkan rasa kesepian adalah membiarkan diri untuk sebuah kasih sayang dan menumbuhkan perasaan yang dapat menerima semua emosi teman-teman. Emosi biasanya terbagi menjadi dua kategori yaitu positif dan negatif. Ketika teman-teman menyalahkan diri sendiri, semua emosi dapat merusak.
Ketika teman-teman merasakan kesepian, daripada menyalahkan diri atau menghakimi diri sendiri, lebih baik berlatih menyayangi diri sendiri. Bagaimana seseorang bisa disayangi tetapi dia tidak menyayangi diri sendiri. Hal ini dapat mengajari anak kecil ataupun hewan peliharaan. Teman-teman tidak akan marah ataupun berbicara kasar, tetapi memberi tahu mereka untuk berusaha, tetap semangat dan memberi tahu untuk berhenti bersikap konyol. Teman-teman pasti akan memberikan kasih sayang, perhatian, dan pengertian yang lembut. 
Lihatlah rasa kesepian teman-teman, biarkanlah teman-teman tahu bahwa teman-teman mencintai semua yang ada didunia tetapi untuk saat ini masih tertutupi oleh ego pikiran teman-teman. Ketika teman-teman menerima diri dan perasaan teman-teman, rasa kesepian akan menghilang dan teman-teman akan menemukan diri teman-teman yang berteman dengan orang lain tulus dari hati teman-teman. Mencintai dan menerima diri sendiri adalah dasar dari sebuah hubungan yang sebenarnya.

Cukup sekian yang dapat saya sambaikan tentang “Apakah Kamu Diam-diam Kesepian?“. Semoga bermanfaat untuk sahabat sugrahaku. Baiklah, saya mohon maaf bila ada kesalahan, kepada Allah saya mohon Ampun.
Terima kasih, Salam Sukses

Ramanda Sugraha
Owner

You may also like...

6 Responses

  1. Sebenarnya, dalam suatu komunitas itu tidak ada yang namanya lebih dalam fasilitas ataupun standar dalam fasilitas. Komunitas yang baik itu bisa saling melengkapi.. tapi bukan berarti si orang yang dicuekin itu benar, karena jangan langsung pergi dan tidak balik-balik lagi, ada baiknya tunjukkan kemampuan sebenarnya dengan fasilitas seadanya dan buktikan bahwa fasilitas seadanya itu bisa lebih dari mereka, lalu selanjutnya terserah mau tetap pergi atau kembali bersama komunitas. begitu menurut saya, maaf jika ada kesalahan 😀

  2. gan saya mau tanya ni kalau ada sebuah komunitas didalamnya tuh teman teman lama saat kecil tetapi saat udah besar sampai sekarang perikatan/solidaritas teman nya tuh jadi berbeda jadi lebih menghargai orang yang mempunyai kelebihan fasilitas sendiri kalau orang yang standar biasa aja suka di cuekin, ga suka di ajak bermain dan sebagainya , jadi otomatis orang yang standar itu kesepian ,dan pergi tidak akan kembali ke komunitas itu lagikarena kecewa apakah jalan yang di ambil itu benar untuk mencari teman yang saling mengerti?

  3. iya mbak, klo saya satu per satu masukin ny 😀
    memang agak repot sih 😀

  4. oww berarti iklannya dipasang satu persatu secara manual ya mas 🙂

  5. waah, iya sama-sama mbak 😀

    oh itu, ditambahahin aj di style iklan ny "float:right;"
    nanti iklannya tarok di awal paragraf. Semoga bermanfaat 🙂

  6. bermanfaat sekali mas jurusnya biar gak dilanda kesepian hehehe 😀 makasih tipsnya 🙂

    oya mau tanya oot nih, gimana cara pasang iklan yg dibawah postingan itu, kok bisa tampil di sebelah kanan bawah? makasih jawabannya 🙂

Leave a Reply

%d bloggers like this: