Belajar Memahami Perulangan For pada Java

Assalamu'alaikum Wr. Wb

Halo sahabat Sugrahaku, selamat pagi. Apa kabar? Kembali lagi ke bahasa pemrograman Java. Pada kesempatan kali saya akan membahas tentang "Belajar Memahami Perulangan For pada Java". Yang pada kesempatan Sebelumnya saya sudah membahas tentang "Manfaatkan The Power of Words untuk Merubah Hidup Kita". Semua tentang java, ya memang benar begitu jika teman-teman belum paham tentang java, Belajar Bahasa Java dari Dasar Yuk !!. Baiklah langsung saja.
Perulangan atau looping adalah suatu bagian yang tidak terpisahkan dalam bahasa pemrograman khusunya java, dimana fungsi dari perulangan ini adalah untuk mengulangi suatu proses sesuai dengan yang diinginkan. Dengan adanya perulangan dalam bahasa pemrograman, pembuat program atau programmer tidak perlu menulis berkali-kali kode program sebanyak perulangan yang diinginkan. Dan juga perulangan membuat program lebih ringan karena kode yang digunakan diminimalkan.



Dalam membuat sebuah perulangan ada beberapa hal yang harus dipenuhi, yaitu : 1. Inisialisasi Inisialisasi adalah tahap awal yang harus dilakukan dalam perulangan, dimana inisialisasi disini yaitu memberikan suatu nilai dalam variabel yang digunakan dalam perulangan. Tahap ini dilakukan sebelum memasuki perulangan. Contoh : int i = 0; 
2. Proses Tahap proses terjadi didalam bagian peruangan yang berisi semua proses yang perlu untuk dilakukan sebuah perulangan.
3. Iterasi Iterasi adalah suatu kondisi dimana terdapat sebuah metode agar perulangan dapat terus berjalan. Iterasi terjadi di dalam perulangan.
4. Terminasi Terminasi adalah suatu kondisi yang digunakan untuk menghentikan perulangan. Terminasi sangat dibutuhkan dalam perulangan. Mengapa demikian? Jika tidak adanya terminasi maka perulangan akan terus mengulang dan hasilnya akan terjadi infinite-loop yaitu perulangan yang akan berhenti.

Perulangan For pada Java


Perulangan for biasanya digunakan untuk perulangan yang sudah jelas diketahui, jadi maksudnya sudah jelas diketahui adalah, kita sudah mengetahui batas untuk dilakukannya berapa kali perulanganan. Deklarasi penggunaan for adalah sebagai berikut :
for (pernyataan1; pernyataan2; pernyataan3){
    statement
}

NOTE :
pernyataan1 : digunakan untuk memberikan sebuah inisialisasi terhadap variabel pengendali perulangan. Contohnya :  int i=0 atau i = 1;
pernyataan2 : digunakan untuk kondisi untuk keluar dari perulangan.
Contohnya : i < 10;
pernyataan3 : digunakan untuk mengatur kenaikan nilai variabel pengendali.
Contohnya : i++;

Jadi kalau teman-teman ingin lebih mengerti, langsung saja seperti membaca biasa, misalnya :
for (int i = 0 ; i < 10; i ++ )
jadi kita langsung membacarnya dengan cara , untuk perulangan for dengan variabel i sama dengan 0 (int i = 0), jika nilai i kurang dari 10 maka i akan bertambah (i++). Bagaimana apakah teman-teman sudah paham? lumayan mudah kok. Kalau kurang mengerti bisa ditanyakan di form komentar dibawah.

Contoh Perulangan For Pada Java

Belajar Memahami Perulangan For pada Java

Belajar Memahami Perulangan For pada Java

Download Perulangan For Pada Java

Yang mau download perulangan for pada Java : Klik


Perulangan For Bersarang pada Java


Suatu perulangan for dapat berada dalam ruang lingkup perulangan yang lainnya. Dalam perulangan ini, tiap-tiap statemen atau pernyataan yang digunakan harus menggunakan variabel pengontrol yang berbeda satu sama lainnya.

Contoh Perulangan For Bersarang Pada Java




Belajar Memahami Perulangan For pada Java

Belajar Memahami Perulangan For pada Java


Download Perulangan For Bersarang Pada Java


Yang mau download perulangan for pada Java : Klik Cukup sekian pembahasan tentang Belajar Memahami Perulangan For pada Java yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan saya mohon maaf, kepada Allah saya mohon ampun. Semoga bermanfaat untuk sahabat Sugrahaku.

Terima Kasih, Salam Sukses.

Wassalamu'alaikum Wr. WB

Ramanda Sugraha
Owner

8 Komentar untuk "Belajar Memahami Perulangan For pada Java"

  1. wah ini seperti loop di php atau beda ya gan ?

    perlu banyak belajar disini nih sepertinya

    BalasHapus
  2. sejujurnya saya kurang paham kalau php gan, saya lagi mendalami java soalnya.
    Terima kasih gan :D

    BalasHapus
  3. gan, gimana kalau perulangannya itu berulang sebanyak angka yang di inputkan?

    BalasHapus
  4. tinggal ganti variabel j jadi inputan gan, misalny pakai Scanner atau JOptionPane.. :D

    BalasHapus
  5. gan bgmna kalau melakukan perulangan yg sama berkali-kali..!!! misal z mau melakukan perulangan 1-10 sebanyak 5 kali...? jd 1-10 tu berulang hingga 10 kali

    BalasHapus
  6. mas, mau tanya dong. belom paham sama for bersarang.
    kenapa di for bersarang ada 2 syntax? yang satu variabel nya i, yang bawahnya variabelnya j.
    Nah fungsi yang variabelnya J "for (int j=0; j<i; j++)"ini untuk apa?
    tolong dijelaskan secara detil juga ya. terima kasih.

    BalasHapus
  7. gan mau nanya.
    gimana rumusnya kalau pengulangannya gini : 123123123
    tq.

    BalasHapus
  8. pake perulangan bersarang mbak, jadi perulangan pertama itu untuk batasan dari hanya sampai 3, kemudian for yang kedua pertambahan dari 1-3. selamat berjuang :p

    BalasHapus

Jika ada pertanyaan, Mari kita diskusikan :)

Note : Komentar yang mengandung "SARA, Pornografi, Merugikan, Tidak Sopan, Berkata Kasar, Memasukan Link Aktif" akan saya hapus untuk menghindari SPAM. Berkomentarlah dengan komentar yang RELEVAN dengan artikel.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel