10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk

10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk – Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Sugrahaku. Sehat selalu kan? Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang “10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk“. Sebagai mahasiswa, terutama saya sendiri adalah mahasiswa dari Teknik Informatika Unib, ada kalanya kita mendapati tugas yang menumpuk, dan terkadang mengharuskan kita untuk begadang. Di malam hari keadaan sangat sepi, membosankan, juga melelahkan, pada saat itulah kita mudah sekali diserang rasa ngantuk.Rasa ngantuk inilah yang sangat menggangu kita, dan ternyata ada 10 cara ajaib menghilangkan rasa ngantuk tersebut. Mari kita mulai pembahasannya.

Apa itu Ngantuk?

10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk

 

Ngantuk adalah sebuah keinginan diri kita untuk segera tidur, yaitu sebuah kondisi dimana tubuh kita memberikan sutu notifikasi atau pemberitahuan agar kita segera tidur. Jadi, ngantuk itu bisa di istilahkan sebagai warning systemΒ yang ada pada tubuh kita.

 

Apa sih yang Menyebabkan Ngantuk?

10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk

 

Sebelum saya memberikanΒ 10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk, ada baiknya kita mengetahui apa yang menyebabkan kita ngantuk. Menurut yang telah saya baca dan pahami, ada 3 hal yang menyebabkan ngantuk, yaitu :

 

  1. Kurang Olahraga
    Menurut dr, Michael Triangto SpKO, spesialis kedokteran olahraga, mudah mengantuk disebabkan karena kurangnya berolahraga. Jika tidak olah raga tubuh akan loyo, tubuh mudah lelah dan tidak berenergi. Sebaliknya juga, apabila telalu keras dalam berolahraga seseorang akan merasa sangat mengantuk dan lelah. Maka dari itu, rajin-rajinlah berolahraga secara rutin dan jangan berlebihan, kata dr. Michael.
  2. Gejala Anemia
    Mudah mengantuk, juga bisa disebabkan oleh gejala anemia kekurangan sel darah merah atau biasa disebut dengan anemia. Jika tubuh kita kekurangan sel darah merah, suplai oksigen ke seluruh tubuh oleh sel darah merah terganggu. Padahal, oksigen adalah salah satu unsur penting untuk menghasilkan energi. Lakukanlah pemeriksaan darah.
  3. Gejala Prediabetes
    Menurut dr. Dante Saksono Herbuwono, SpPD Endokrin, rasa ngantuk ada kemungkinan salah satu gejala prediabetes. Setelah makan, tubuh mengalami yang namanya berlebihannya insulin atau biasa disebut dengan hiperinsulinemia, sehingga kadar gula darah turun drastis. Karena itulah, amatilah gejala prediabetes.

Bagaimana Cara Menghilangkan Rasa Ngantuk?

10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk
Ada 10 cara yang akan saya sampaikan, agar dapat menghilangkan rasa ngantuk ketika kita sedang mengerjakan tugas dimalam hari. Berikut adalah caranya :
  1. Setiap 30-60 menit lakukanlah sesuatu yang aktif, contohnya lari-lari ringan, Push Up, Lompat-lompat, dan sebagainya.
  2. Minumlah banyak air putih. Dehidrasi juga dapat menyebabkan ngantuk.
  3. Bekerjalah di tempat terang, penuh cahaya. Jangan bekerja di tempat yang redup.
  4. Dengarkan musik yang nge-Beat, lagu melow bisa membuat teman-teman mengantuk.
  5. Minum minuman yang berkafein, jika dibutuhkan. dan Jangan berlebihan.
  6. Makan makanan yang berprotein tinggi, contohnya telur, kacang mete, almon, dan lain-lain.
  7. Jangan memakan makanan berat, terutama makanan yang mengandung zat tepung yang tinggi.Ada beberapa tips aneh yang patut untuk di coba.
  8. Lakukan pernafasan yoga dimana menghirup dan menghembuskan nafas melalui hidung, dan tarik pada bagian perut anda kearah diafragma saat bernafas. Lakukan hal ini dengan sangat Cepat.
  9. Jaga pikiran anda agar tidak mengantuk dengan mengunyah permen karet atau batu es.
  10. Cuci muka dan pergelangan teman-teman dengan menggunakan air dingin.

Cukup sekian pembahasan tentang “10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk” yang dapat saya sampaikan. Artikel menarik tentang “Terkena Google Sandbox? Apa yang harus Dilakukan?“Semoga bermanfaat untuk Sahabat Sugrahaku, Jika ada kesalahan saya mohon maaf, kepada Allah Saya Mohon ampun. Terima Kasih, Salam Sukses.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Ramanda Sugraha
Owner

You may also like...

29 Responses

  1. huahaha, setuju gan, tips diatas hanya untuk nambah" saja, kalau mau gak ngantuk ya harus dari dalam bener πŸ˜€

  2. semoga bermafaat ya πŸ˜€

  3. sama-sama gan, semoga bermanfaat πŸ˜€

  4. syukurlah, semoga bisa membantu πŸ™‚

  5. febrison harahap says:

    mantap bang sangat sangat bermanfaat, terima kasih bang !

  6. heri says:

    thanks gan buat sarannya yang membantu..

  7. anie says:

    waaah maksih tipsnya sangat bermanfaat kak πŸ™‚

  8. cuman kalau lagi posisi kepepet buanget ajaibnya ngantuk bisa ketahan begitu saja Gan….hehe thx

  9. Portal Wap says:

    mantap gan, ane mau ngopi dulu yah

    main ke web saya kalau ada waktu senggang gan

  10. harus lebih semangat dan motivasi untuk tetap melek harus tinggi gan πŸ˜€

  11. Rahman tak koya-koya says:

    Sudah aku coba berkali kali,tetep aja kagak bisa

  12. ASTRI HANDAYANI says:

    siipp

  13. silahkan, semoga bisa membantu πŸ˜€

  14. nurin says:

    Menarik.info nya boleh dipraktikkan. Salam dari malaysia πŸ™‚

  15. hahahaha, minum aj terus mbak, tp jangan kebanyakan nanti gending :p

  16. yg minum air dingin mempan gan , tp tiap 10 menit udah minum ngantuknya dateng lagi , kerja jadi gafokus haha

  17. sugrahaku says:

    hahaha, kalau sudah sangat ngantuk tidur saja mbak πŸ˜€

  18. sugrahaku says:

    memang ngapain mau begadang gan? kalau misalnya karna tugas, sambil gunakan cara diatas pikirkan juga tugas yang harus dikumpul besok πŸ˜€
    semangat gan πŸ˜€

  19. Putra says:

    gan… ora mempan gan,,, tetep ngantuk aku gan… πŸ™

  20. setuju gan, kalau denger lagu melow, bisa-bisa malah nangis gan :v

  21. dengerin musik bergenre hardcore ama scremo gak mungkin ngantuk gan,,, hehehehe,,,

  22. Terima kasih sudah membaca artikel tentang 10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk , semoga bermanfaat
    Terima kasih salam sukses

  23. Cariuang says:

    Saya sering ngantuk :O

  24. Terima kasih sudah mengunjungi artikel tentang 10 Cara Ajaib Menghilangkan Rasa Ngantuk , semoga bermanfaat
    Terima kasih salam sukses πŸ˜€

  25. velasco says:

    sebelum begadang selalu berpikir kalau makan dulu tidak akan ngantuk, tapi kenaytaanny setelah makan menajdi lebih mengantuk dr sebelumnya…

Leave a Reply

%d bloggers like this: